Skip to content

DiTenun

“ Tiap helai benang adalah satu tarikan nafas,
Tiap lembar kain adalah satu bentuk kehidupan “

DiTenun (Digital Tenun Nusantara) adalah start up yang berfokus pada penciptaan motif tenun digital lewat mobile app berbasis AI (kecerdasan buatan). Kami membuat motif modern yang mengakar pada corak-corak khas tenun nusantara dan aplikatif untuk diproduksi dengan beragam alat, dari gedogan, ATBM, hingga ATM.

Dirilis tahun 2018, DiTenun berawal dari riset kolaboratif antara Batik Fractal, IT Del, dan ITB. Seiring berjalan waktu, kami terus membangun jejaring perajin, produsen, serta pemasar multiskala di Indonesia. DiTenun juga berkomitmen untuk memberdayakan perajin tenun dan menjamin regenerasi pelaku tradisi tenun di Indonesia.

Mengkolaborasikan teknologi dan tradisi, DiTenun diciptakan untuk meniupkan ruh tradisi tenun ke masa depan.


“ Lewat motif, kisah-kisah tua diwariskan
Lewat tenun, budaya lampau dirayakan
Lewat teknologi, tradisi tenun akan terus dihidupkan “

Tim DiTenun

DiTenun dibuat berdasarkan riset akademis kolaboratif oleh Batik Fractal, IT Del, dan ITB yang merupakan bagian dari Riset Inovatif-Produktif (RISPRO) Komersial dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tim Batik Fractal (Nancy Margried, Muhammad Lukman, Dimas Yusuf, Yun Hariadi, Frans Panjaitan, Muhammad Ghifary) mengembangkan DiTenun bersama dengan tim IT Del (dipimpin oleh Dr. Arlinta Christy Barus, ST, M.InfoTech) dan ITB (Dr. Ratna Panggabean M.Sn).

Model bisnis dan aplikasi DiTenun diadaptasi dari Batik Fractal yang telah bertahun-tahun berproses dalam skema serupa di bidang batik. Kini, ketiganya terus mengembangkan aplikasi DiTenun serta program lanjutan untuk memberdayakan para penenun di Indonesia.

Sejak awal DiTenun tidak ingin berhenti di ranah akademis, maka jenama ini diciptakan agar DiTenun bisa hadir secara nyata ke tengah masyarakat. DiTenun sebagai aplikasi, produk, serta spirit untuk memelihara warisan tenun nusantara.

Bagaimana Kami Bekerja

Riset
Menciptakan motif tenun digital
Produksi dengan berbagai teknik
Dipasarkan lewat pasar daring

Aneka Metode Produksi DiTenun

Gedogan
Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM)
Alat Tenun Mesin (ATM)

“ Kami percaya saat ini produksi tenun dilakukan dalam beragam skala dan saling melengkapi. Berbagai teknik dan alat produksi justru mencerminkan perkembangan dalam tradisi tenun, bukan sebaliknya. “

Riset

Secara bertahap, tim DiTenun pergi ke berbagai daerah untuk bertemu dengan pegiat tenun dalam berbagai skala se-Indonesia. Kami mendokumentasikan motif, teknik tenun, pewarnaan, jenis bahan, hingga dongeng dan aturan adat yang ada di balik tiap helai kainnya. Data itu kami jadikan acuan untuk menyempurnakan aplikasi DiTenun.

Di halaman ini terlampir beberapa jurnal hasil penelitian tim DiTenun.