Skip to content

DiTenun

Aktivitas Kami

October 27, 2020

Pelatihan DiTenun di Humbang Hasundutan

Menemui perajin tradisional langsung di daerah mereka adalah salah satu kegiatan favorit tim DiTenun. Salah satu kegiatannya adalah lewat pelatihan DiTenun, seperti yang dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan pada 12 Desember 2018 lalu. Bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat, tim DiTenun menghubungi beberapa kelompok penenun tradisi untuk turut dalam pelatihan. Di hari pelaksanaan, hadir 17 penenun dari beberapa kelompok. 

Pelatihan dimulai dengan mengenalkan inovasi berupa aplikasi DiTenun yang menggabungkan teknologi dan tradisi tenun. Kemudian tim menunjukkan demo penciptaan motif tenun digital di depan para penenun tradisional, dengan hasil corak olahan kecerdasan buatan yang dicetak dalam lebar kristik. Karena masih dalam tahap pengembangan, selama pelatihan tim DiTenun terus menggali pendapat, kritik, dan saran dari para penenun tradisi.

Masukan dari para penenun inilah yang kemudian digunakan tim DiTenun untuk mengembangkan lagi aplikasi ini. Para penenun menceritakan kegiatan, teknis, hingga cerita-cerita di balik tiap kain. Karena aplikasi ini dibuat utamanya untuk para penenun ini, maka kebutuhan mereka harus terakomodasi lewat aplikasi ini. Salah satu hal paling menantang adalah pembiasaan menggunakan teknologi digital kepada para penenun tradisional ini.

Pelatihan ini juga sekaligus adalah agenda membangun jejaring perajin yang kelak akan bekerja sama sebagai perajin produk-produk DiTenun. Tim DiTenun mendapat jaminan kualitas produk, sementara mereka mendapat ruang distribusi baru untuk kain-kain buatan mereka.