Skip to content

DiTenun

Aktivitas Kami

October 27, 2020

Pelatihan DiTenun di Siantar

Pelatihan di Siantar diadakan tim DiTenun pada 8 Oktober 2018 lalu. Kabupaten Siantar, seperti juga Humbang Hasundutan dan Tobasa, punya ciri khas motif Ulos yang berbeda dan menarik. Untuk itu, pelatihan di Siantar ini juga sekaligus merangkap agenda riset tenun Ulos dari daerah ini.

Sebanyak 33 penenun tradisional di Siantar bergabung menjadi peserta. Beberapa sudah awam dengan teknologi digital, beberapa lainnya belum. Maka tim DiTenun harus menjabarkan dari umum tentang teknologi digital dan kesempatan yang hadir jika dikolaborasikan dengan tradisi. Setelahnya, penenun diberi demo penciptaan motif tenun digital melalui aplikasi DiTenun.

Selain mengadakan pelatihan seperti ini, para penenun yang hadir kemudian masuk ke data jejaring DiTenun yang kelak kain tenun buatannya bisa dipakai DiTenun untuk menghasilkan produk. Tim DiTenun memang selalu berkeinginan menjalin kerjasama langsung dengan penenun. Selain memotong rantai distribusi yang tidak perlu, kerjasama seperti ini lebih adil dan berdampak lebih kepada para penenun.